Peran Cyber Security Dalam Bidang Kesehatan dan Pertahanan-Ketahanan Negara 

peranan-keamanan-siber-dalam-berbagai-bidang-it

Latar Belakang 

Tulisan ini disusun berdasarkan sebuah pertanyaan mendasar, bagaimana peranan cyber security dalam bidang kesehatan dan pertahanan-ketahanan suatu negara. Berdasarkan data Google Trends terlihat adanya peningkatan pencarian cyber security dibidang healthcare (kesehatan) maupun security-defense (pertahanan-keamanan) semenjak tahun 2010 hingga sekarang. Dua buah negara yang paling mendominasi pada pencarian tersebut adalah US dan India. Dimana dua negara tersebut merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. 

Mengapa Penting 

Tulisan berikutnya berlanjut pada pencarian mengapa kedua topik tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan, dari hasil pencarian diperoleh informasi banyak sekali informasi, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. 

Baik dari dalam negeri maupun luar negeri, setiap negara tampak memiliki permasalahan yang diakibatkan adanya kejahatan siber ini. Yusuf Setiadji melalui tulisanya di Kolom Tempo dengan judul Celah Kejahatan Siber Data Kesehatan yang dimuat pada bulan Mei 2021 menyampaikan dengan jelas bahwa sektor kesehatan merupakan sektor yang memiliki nilai data yang tinggi tetapi sistem keamanan teknologi yang beroperasi pada sektor tersebut masih rendah.

Serangan yang diluncurkan dapat berupa serangan malware, ransomware, spyware, phising, dan  hingga structure query language injection pada sistem basis data perusahaan. Untuk mengatasi serangan ini, pemerintah Indonesia melakukan kerjasama dengan pemerintah Inggris dengan harapan dapat meningkatkan fasilitas kesehatan Indonesia di bidang keamanan siber.

Berdasarkan kumpulan berita tersebut juga diperoleh informasi bahwa dampak yang diakibatkan dari serangan siber tidak hanya terbatas pada kasus kesehatan dan pertahanan-keamanan saja. Beberapa dampak lain dari serangan siber ini juga menyangkut beragam sektor kehidupan seperti keamanan data pribadi, keamanan suatu negara yang secara tidak langsung mengarah pada ekonomi dan sosial budaya masyarakat.

Peran Cyber Security  

Binary Defense merupakan suatu organisasi yang berfokus pada bidang keamanan siber. Dimana organisasi tersebut menyampaikan penyebab utama kejahatan pada bidang kesehatan berupa serangan ransomware, phising, pemalsuan identitas, dan social engineering. 54% kasus kebocoran data disebabkan karena kelalaian dari pegawai dan 25% berupa data yang tidak dienkripsi. Dampak dari serangan ini dapat berupa banyak hal seperti menurun atau hilangnya reputasi perusahaan yang diserang, hilangnya data penting, dan kerugian dari segi data pribadi pasien yang dapat digunakan untuk tindakan kejahatan.

Pada segi pertahanan dan keamanan, cyber security berperan sebagai suatu metode dan teknologi yang ditujukan untuk melindungi sistem, jaringan, data, komputer, dan program dari bahaya, serangan, dan akses ilegal untuk melindungi data dan rahasia militer, seperti institusi atau bisnis lainnya. Selain itu juga membantu mengembangkan keamanan dalam pertempuran dan untukmengamankan jaringan pertahanan dalam memasok intelijen nasional ke negara secara teratur.

Hal yang Mendukung Perubahan 

Peluang yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perlindungan pada bidang kesehatan dan pertahanan diantaranya adalah

  • Data Encryption

Pada bidang kesehatan, enkripsi data dilakukan pada data yang dimiliki seperti data pribadi pasien dan pegawai dari suatu instansi kesehatan, data riwayat kesehatan pasien serta data lainnya mengenai instansi tersebut. Sedangkang pada bidang pertahanan, enkripsi data dilakukan pada informasi intelejen yang disimpan, dan informasi pada jaringan komunikasi yang digunakan.

  • Multi-factor authentication.

MFA ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan ketika akses dilakukan pada informasi yang tersimpan pada pusat data. Hal ini akan mencegah dan mengurangi resiko kebocoran data terjadi. MFA juga diterapkan berdasarkan akses level yang diberikan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap personel yang dimiliki. 

  • Pelatihan kesadaran keamanan.

Kesadaran keamanan perlu ditingkatkan dengan melakukan pelatihan pada keseluruhan personel. Pelatihan kesadaran keamanan dilakukan dengan porsi yang berbeda sesuai dengan tugas dan fungsi yang dimiliki setiap personel tersebut.

  • Security Operations Center (SOC)

Security Operations Center (SOC)  dapat membantu meningkatkan keamanan siber pada tiap tiap instansi. SOC yang baik adalah yang beroperasi 24/7/365. SOC ini sebagai ujung tombak dapat penanganan insiden cyber yang dapat terjadi pada instansi.

  • High grade Hardware and Software

Penggunaan hardware dan software yang berkualitas akan memudahkan dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja keamanan siber. Hal ini akan dapat meningkatkan keamanan siber dari personel dan instansi terkait.

Hal yang Mendukung Perubahan

Berdasarkan rincian yang telah disampaikan, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dalam upaya mendukung perubahan keamanan siber di Indonesia.

  • Dukungan pemerintahan

Pemerintah memiliki peranan penting dalam upaya peningkatan keamanan siber nasional. Tanpa adanya dukungan pemerintah, segala bentuk upaya kemajuan siber dapat terhambat. Kini, melalui Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pemerintah mulai secara terbuka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya meningkatan keamanan siber nasional. Selain itu BSSN melakukan banyak kerjasama dengan negara yang memiliki keamanan siber yang tinggi supaya dapat mengejar ketertinggalan yang ada.

  • Dukungan masyarakat melalui komunitas siber

Setelah pemerintah, dukungan masyarakat juga diperlukan dalam upaya peningkatan keamanan siber nasional. Apabila masyarakat memiliki kesadaran keamanan yang tinggi maka secara tidak langsung keamanan siber nasional juga dapat meningkat. Komunitas Orang Siber Indonesia merupakan salah satu komunitas yang berfokus dalam pembahasan informasi-informasi terbaru mengenai keamanan siber. Adanya grup ini dapat digunakan sebagai salah satu ajang yang secara tidak langsung dapat membantu upaya peningkatan keamanan siber nasional

Kesimpulan

Tulisan ini menyebutkan beberapa peranan cyber security dalam bidang kesehatan dan pertahan-ketahanan suatu negara. Beberapa studi kasus yang telah diajukan menujukkan bahwa cyber security berperan penting tidak hanya pada dua bidang tersebut tetapi meliputi berbagai aspek kehidupan. Selain itu juga disebutkan beberapa peluang yang dapat mendukung peningkatan cyber security pada berbagai bidang IT. Terakhir diperoleh suatu kesimpulan bahwa peningkatan keamanan siber tidak dapat dilakukan apabila tidak ada dukungan yang saling bersinergi antara pemerintah dan masyarakat.

Penulis: Aidil Yusuf Priadi – Handhika Yanuar Pratama